Indonesian Time: 18/10/2021 01:50:23 WIB

0

Shop

Auction

Ai Goromo, Kohaku Berjubah Hitam


Ai Goromo, Kohaku Berjubah Hitam

Ai Goromo merupakan salah 1 dari 3 Jenis utama pada kelas Varietas “Koromo”, yang dalam bahasa Jepang berarti  “Jubah” atau “Baju”. Ini dikarenakan Koromo pada awalnya merupakan jenis koi yang dihasilkan dengan menyilangkan jenis Kohaku dan Asagi, sehingga warna biru kehitaman pada sisik Asagi kini muncul di atas warna merah pada pola Kohaku seperti jubah yang membalut.

Tosai -34cm


Ai Goromo berkualitas baik lebih jarang ditemukan dibanding 2 varian Koromo lainnya yaitu Budo Goromo dan Sumi Goromo, sehingga membuatnya menjadi salah 1 varietas Koi yang sulit.
Ai Goromo dengan kualitas medium atau tanggung, merupakan ikan yang sulit dijual bagi Breeder ataupun Dealer Koi. Begitu juga halnya di arena show, Ai Goromo berkualitas sedang, pada umumnya, mudah dikalahkan oleh Budo Goromo ataupun Sumi Goromo.  Ini dikarenakan kebanyakan Ai Goromo tidak mempunyai lingkaran warna hitam yang terbagi rata di atas pola merahnya. Banyak juga kasus dimana warna hitamnya terlalu pekat di beberapa bagian warna merah sehingga polanya menjadi terlihat kotor. Sebaliknya, Budo Goromo dan Sumi Goromo adalah varian Koromo yang tidak menyisakan warna merah pada polanya, sehingga membuat penilaiannya menjadi lebih gampang; pola Budo Goromo berwarna ungu tua dan Sumi Goromo berwarna hitam pekat.


Ai Goromo dari Konishi pada bahasan kali ini merupakan salah satu Sansai Ai Goromo terbaik pada musim panen terakhir di Konishi di akhir tahun 2019 lalu. Walaupun sudah terlihat cantik dan elegan di usia Sansai (3 Tahun), perkembangan nya dari usia Tosai (1 Tahun) sangatlah menarik dan dinamis. Mari kita lihat foto Ai Goromo ini sewaktu berusia Tosai dan berukuran 34cm, tentu kita tidak menyangka bahwa Koi ini merupakan seekor Ai Goromo karena tidak didapatkan warna hitam pada pola merahnya sehingga ikan ini terlihat sebagai seekor Kohaku. Walaupun demikian, Ai Goromo ini tetap dianggap sebagai salah 1 dari Jumbo Tosai dengan grade Tategoi karena mempunyai pola dan juga Beni (warna merah) yang baik.


Nisai - 51cm


Setelah dibesarkan di Mudpond pada musim panas tahun 2018, ikan ini dipanen kembali sebagai Nisai atau Koi berusia 2 tahun di kisaran bulan Oktober 2018 dan perubahan besar telah terjadi. Selain bertambah besar 17cm menjadi berukuran 51cm, kini terdapat warna hitam yang mulai membalut beberapa bagian di pola merahnya. Di Jepang, kualitas warna indigo / biru kehitaman pada jenis Ai Goromo disebut dengan istilah “Ai-zashi” dimana warna hitam akan terlihat lebih pekat pada “Sashi” atau perbatasan antara warna Merah dan Putih di pola seekor ikan koi.

Sansai - 59cm


Dengan kualitasnya yang belum dianggap finish, maka Konishi tidak langsung menawarkan ikan ini untuk dijual pada usia Nisai. Ai Goromo ini pun kemudian dibesarkan kembali di mudpond pada musim panas tahun 2019. Selain bentuk badannya yang bertambah kekar dan berisi di usia Sansai, kini balutan warna hitamnya juga menjadi lebih matang dan rata dibanding tahun sebelumnya dan inilah fitur dari jenis Ai Goromo yang membuatnya terlihat sangat elegan. Kami merasa beruntung karena dapat melihat ikan ini dipanen dari mudpond secara langsung pada kunjungan kami ke Konishi di akhir bulan Oktober 2019. Pada saat itu, kami pun tidak ragu untuk coba meminangnya dan akhirnya Ai Goromo ini berhasil menjadi salah satu koleksi Seiryuu untuk dibesarkan lebih lanjut di Konishi Koi Farm. Kami berharap Ai Goromo ini dapat mengukir prestasi pada ajang koi show di masa mendatang.

©2021 Seiryuu