04 Apr
04 Apr
,
0 Comments

Konishi Koromo Goshiki

Description:

Koi merupakan spesies ikan yang pertumbuhannya dikenal dinamis karena banyaknya perubahan pada warnanya. Tetapi beberapa perubahannya kadang sangatlah drastis dan tidak bisa diprediksi.

Content:

                Nisai - 51cm

Mari kita lihat ke 2 foto Goshiki pada artikel kali ini. Betul, mungkin anda perlu membandingkan ke dua foto tersebut lebih dari sekali untuk menyadari bahwa ke dua ikan tersebut adalah seekor Goshiki yang sama.  Bila kita lihat fotonya sewaktu ia berusia Nisai, maka ia terlihat sebagai seekor Goshiki normal dengan pigmen warna merah (Beni) yang baik dan bersih.  Dengan kualitas Beni yang bersih tanpa noda, maka Konishi sebetulnya berharap dan mengira bahwa Goshiki tersebut akan terus mempunyai warna merah yang stabil dengan warna latarnya, yang kini masih terbilang abu-abu, untuk bisa bertambah hitam seiring pertumbuhannya. Bila ia bertumbuh seperti harapan tersebut, maka koi ini akan menjadi seekor Goshiki Klasik yang sempurna.

               Sansai - 61cm

Tetapi lain halnya dengan pertumbuhan ikan ini. Setelah dibesarkan selama musim panas tahun 2017 di Mudpond Hongou, ia bertambah besar 10cm dan kembali dengan penampilan yang berbeda jauh. Bukan hanya warna latar nya saja yang bertambah gelap dan hitam, tetapi pada pola warna merahnya pun kini terdapat warna hitam.  Tetapi warna hitam yang  terdapat pada pola merahnya bukanlah sembarang hitam yang menimbulkan kesan kotor pada kebanyakan Goshiki lainnya. Warna hitamnya tersebar rata pada ujung lingkaran seluruh sisik pada pola merahnya seperti pada seekor Ai Goromo. Goshiki dengan warna sisik seperti Koromo ini merupakan sebuah variasi unik yang masih dibilang sangat langka dan jarang ditemukan. Biasanya, beberapa koi breeder di Jepang menyebut Goshiki seperti ini dengan istilah Kawari Goshiki atau Kuro Goshiki, tetapi kami lebih ingin menyebutnya dengan istilah Koromo Goshiki.

Konishi Goshiki 78cm

Best Variety Goshiki - All Japan Koi Show 2017

Ada satu lagi pertanyaan terakhir, yaitu: “Bagaimana peluang Goshiki unik seperti ini di arena koi Show?“. Pada ukuran Kecil (50bu ke bawah) sampai dengan Medium (70bu), maka bisa dikatakan peluangnya di arena kontes cukuplah berat karena ia akan banyak bertemu dengan Goshiki klasik dengan pola warna merah yang bersih karena itu merupakan sebuah kriteria untuk penilaian jenis Goshiki. Tetapi bila Goshiki ini bisa terus bertumbuh sampai dengan ukuran Jumbo (80bu), maka fitur unik nya akan menjadi sebuah kekuatan tersendiri.  Sebagai contoh, Goshiki berukuran 78cm dari Konishi dengan fitur warna serupa,  mendapatkan gelar Best In Variety Goshiki pada ajang All Japan Koi Show di Tokyo pada bulan Februari 2017 lalu. Ini membuktikan bahwa fitur antik pada Goshiki di bahasan kali ini bukanlah merupakan sebuah kekurangan, tetapi bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk para Juri, terutama apabila ia sudah berukuran Jumbo.

Tags: | |

Leave A Comment