19 Sep
19 Sep

Incredible Koromo Showa

Description:

Hari ini kami ingin memperlihatkan seekor variasi dari jenis Showa yang masih terbilang sangat langka, yaitu Koromo Showa.

Content:

Apakah anda tahu, bahwa tidak seperti namanya, Koromo Showa bukanlah didapatkan dari persilangan jenis Koromo dan Showa, melainkan dari pasangan indukan Showa biasa. Lalu, apa yang membedakannya dari  jenis Showa biasa? Koromo Showa harus memiliki Sumi atau warna hitam yang menyelimuti  pola warna merah nya secara rata, tidak terlalu tipis dan tidak juga terlalu pekat seperti warna anggur pada jenis Ai Goromo. Fitur inilah yang membuat jenis ini masih terbilang sangat langka karena tidak setiap tahun para peternak Showa di Jepang bisa mendapatkan satu ekor Koromo Showa berkualitas dari ratusan bahkan ribuan ekor Tategoi Showa yang diseleksi.

            Tosai - 43cm

                   Nisai - 59cm

Mari kita perhatikan contoh seekor Koromo Showa dari Konishi yang menjadi bahasan hari ini. Seperti yang sudah kita bahas pada artikel sebelumnya, 5 tahun pertama pada usia seekor Tategoi merupakan masa yang paling beresiko baik dalam pertumbuhan dan juga perkembangan kualitasnya. Hal ini juga disebabkan oleh fakta bahwa pertumbuhan yang terlalu cepat dalam segi ukuran dan bentuk badan pada seekor Koi dapat mememberikan dampak yang negatif untuk kualitas warnanya.  Tetapi bila anda perhatikan perkembangan Koromo Showa ini dalam 5 tahun perkembangannya, maka anda akan mendapatkan bahwa koi ini telah bertumbuh sangat baik tanpa penurunan dari segi kualitas maupun bentuk badannya. Tidak hanya itu, pertumbuhan nya setiap tahun bisa dibilang lebih baik dari tahun sebelumnya dan itu merupakan sebuah seni tersendiri sehingga ikan ini dikategorikan sebagai seekor  First Class Koi oleh Konishi Koi Farm. 

                        Sansai - 66cm

                        Yonsai - 71cm

Hal yang menarik lainnya dari perkembangan ikan ini adalah karena sebetulnya ia tidak memiliki tanda2 sebagai Koromo Showa sampai berusia Sansai. Bila kita perhatikan pada fotonya sewaktu Tosai sampai Nisai, ia hanyalah seekor Showa biasa dengan Beni atau warna merah yang polos walaupun berkualitas sangat baik. Tetapi mulai dari usia Sansai (3 Tahun), mulai muncul sedikit warna hitam atau Sumi pada pola merah di bagian pundaknya. Kemudian, warna hitam itu semakin muncul dan bertambah secara rata setiap tahun seiring pertumbuhannya. Pada panen Konishi terakhir di bulan Oktober 2016, ia sudah jelas terlihat sebagai seekor Koromo Showa yang cantik.


                          Gosai - 74cm

Leave A Comment